cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
ISSN : 24074454     EISSN : 25283553     DOI : https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021)" : 8 Documents clear
Peran Guru dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak di TK YKK 1 Bangkalan Mega Wulan Sari; Dwi Nurhayati Adhani; Muhammad Busyro Karim
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088

Abstract

Pemenuhan hak dan perlindungan pada anak usia dini menjadi penting karena sebagai kunci keberhasilan pertumbuhan, perkembangan, serta kesejahteraan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam penerapan program sekolah ramah anak di TK YKK 1 Bangkalan. Deskripsi tersebut terkait dengan peranan guru dalam pembelajaran dan penerapan program sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pennelitian ini mengguankan pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan adanya dokumentasi lapangan. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menghasilkan yaotu suatu peran dari guru sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator. Penerapan sekolah ramah anak di TK YKK 1 Bangkalan antara lain tidak melakukan diskriminasi, melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan aman, melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta memberikan fasilitas yang baik untuk anak. 
Model Pembelajaran SAVI dengan Media Puzzle di Lembaga PAUD Munatuan Abdul Syukur; Nirwaning Makleat
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10099

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman dan mengenalkan pada siswa tentang  konsep diri dengan cara mengenalkan nama-nama anggota tubuh manusia menggunakan model pembelajaran SAVI. Penelitian tindakan kelas dengan disain model Kurt Lewin merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Sebanyak 14 siswa menjadi subjek penelitian, data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes hasil belajar berupa mencocokkan gambar. Penelitian ini mendapatkan nilai prasiklus sebesar 55%, nilai siklus pertama adalah 64,64%, nilai siklus kedua sebesar 82,85 dan nilai siklus ketiga adalah 91,07%. Mengacu pada hasil penelitian ini, kesimpulan yang dapat diambiladalah model pembelajaran SAVI dengan media puzzle dapat meningkatkan pemahaman anak mengenai nama-nama anggota tubuh manusia di PAUD Munatuan.
Pemahaman Konsep Geometri Anak Usia Dini pada Pembelajaran Berbasis STEAM Naili Sa'ida
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9782

Abstract

Pemahaman konsep geometri pada anak penting untuk dikembangkan karena dalam kehidupan sehari-hari cenderung sering kita perlukan, melalui konsep geometri anak mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konsep geometri anak usia dini melalui pembelajaran berbasis STEAM.  Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain pre experiment one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara. Indikator dalam penelitian ini diantaranya: mengelompokkan bentuk geometri berdasarkan warnanya, pengelompokan geometri berdasarkan bentuk, pengelompokan geometri menurut ukuran, dan menyebutkan benda disekitar yang berbentuk geometri. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Thit sebesar 0 dan Ttab=3 dengan taraf signifikansi 5% dan N=10. Diketahui Thit≤ Ttab, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis STEAM mampu mengembangkan pemahaman konsep geometri anak usia dini. Pengembangan geometri pada penelitian ini lebih pada inovasi model pembelajaran yang diterapkan yaitu dengan pembelajaran berbasis STEAM yang mampu membuat anak lebih aktif dalam pembelajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat melakukan penelitian pengembangan pemahaman konsep geometri pada aspek lain dengan meningkatkan kualitas dari segi pelaksanaan atau media yang mampu mencapai hasil yang optimal.  
Permainan “Tebak Aku” untuk Menstimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Rika Vira Zwagery
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10061

Abstract

Saat ini kegiatan bermain lebih banyak digantikan dengan permainan yang bersifat online dan digital sehingga permainan yang dilakukan secara langsung semakin jarang dilakukan. Padahal, Bermain yang dilakukan secara langsung merupakan sarana alami anak untuk mengenali dirinya, melatih kemampuan indra dan motorik, membangun kehidupan sosial, dan membentuk kepribadian dirinya. Tebak aku merupakan permainan yang melatih maupun mengenali berbagai macam emosi, melalui gambar dan cerita yang menggambarkan ekpresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan Tebak Aku dalam menstimulasi perkembangan emosional anak untuk mengenali dan menangkap suasana hati orang lain melalui ekspresi wajah dengan membandingkan skor pemahaman emosi sebelum dan sesudah diberikan perlakukan berupa permainan tebak aku. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pre-test post test desain. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala pemahaman emosi dan teknik analisa dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji statistik dengan t hitung=8.500 uji dua pihak berarti mutlak dengan p=0.05, maka dapat simpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Implementasi Program Kidspreneurship pada TK Khalifah di Kalimantan Selatan Nor Izzatil Hasanah
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9806

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui konsep kidspreneurship yang diterapkan pada TK Khalifah di Kalimantan Selatan, implementasi program serta faktor yang mendukung dan menghambat implementasi program kidspreneurship tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneiti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kidsprenuership di Tk Khalifah terbagi menjadi 2 program yang menitikberatkan pada softtskill dan hard skill. Soft skill yang dikembangkan kepada anak merupakan enterpreuership value. Sedangkan hard skill lebih kepada pengenalan bisnis kepada anak dalam bentuk literasi keuangan, membuat produk hingga memasarkan produk.  Soft skill dan hard skill ini diimplementasikan melalui knowing, feeling dan acting. Knowing dilaksanakan untuk mengenalkan anak terhadap konsep, ini diajarkan dengan metode bercakap-cakap dan lagu. Feeling dilakukan dengan cara membacakan sebuah cerita. Sedangkan acting dilakukan  melalui kegiatan bermain peran, metode pemberian tugas dan pembiasaan. Untuk memaksimalkan kegiatan kidspreneurship, TK Khalifah memiliki kegiatan tambahan lain seperti cooking day, berkaryawisata ke tempat pengolahan dan penjualan produk tertentu, market day dan ramadhan market. Faktor pendukung dan penghambat program ini adalah kerjasama guru dan orang tua, seminar dan workshop tentang kidsprenuership, media pembelajaran, letak geografis, ukuran kelas dan sekolah, dan teman sebaya. 
Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun Fitta Nurisma Riswandi
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10233

Abstract

Belum maksimalnya kemampuan anak dalam melakukan gerakan motorik kasar, minimnya variasi model permainan untuk mendorong anak lebih aktif bergerak, guru masih kurang optimal untuk mengembangkan model permainan dalam kegiatan motorik kasar, kegiatan motorik kasar yang dilakukan kurang terstruktur dengan baik. Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan model permainan anak, hasilnya adalah model permainan sirkuit untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak yang layak menurut ahli, dan menguji keefektifannya. Metode ini menggunakan penelitian pengembangan Borg Gall dengan 9 langkah. Pengumpulan data melalui wawancara, angket untuk guru, dan lembar observasi anak. Penelitian ini menggunakan analisis data desain time series dengan grafik. Penelitian menunjukkan hasil pengembangan model permainan sirkuit mendapatkan kriteria layak menurut ahli instrument skor 4 dan ahli materi skor 3,89 dengan kriteria sangat baik. Dinyatakan model permainan sirkuit yang efektif dan layak digunakan setelah uji coba awal, uji lapangan, dan uji lapangan operasional dengan enam kali perlakukan dan mengalami peningkatan pada setiap indikatornya. Hasil uji lapangan operasional pada perlakuan pertama 14,38, kedua 17,42, ketiga 18,81, keempat 19,23, kelima 19,23, dan keenam 19,33 bahwa data bersifat stasioner atau Ho ditolak. Perolehan tersebut disimpulkan jika model permainan sirkuit efektif dan layak digunakan guru dalam peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan model permainan sirkuit.
Blended Learning menggunakan Whatsapp untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Irma Nur Miyanti
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9810

Abstract

Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini telah menurunkan stabilitas pendidikan di Indonesia. Larangan untuk belajar secara tatap muka menyebabkan pembelajaran disekolah tidak dapat dilaksanakan. jika keadaan ini terus berlanjut, maka pendidikan akan mengalami keterpurukan. Keadaan seperti ini menjadi masalah krusial dalam dunia pendidikan yang perlu mendapatkan penanganan. Untuk mengatasi masalah pendidikan selama pandemi COVID – 19, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan supaya pendidikan dapat terus berlanjut dan potensi anak dapat terus berkembang. Penelitian Tindakan Kelas tentang Blended Learning  dengan Whatsapp dapat Meningkatkan Pembelajarn Anak Usia Dini. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di TK Dharma Wanita Sumberagung 3 yaitu: 1) keaktifan anak pada pembelajaran Blended Learning menggunakan Whatsapp pada siklus I sebesar 69% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II, 2) ketuntasan anak siklus I sebesar 67% dan pada siklus II sebesar 86%. Berdasarkan hasil pada siklus I dan siklus II tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Blended Learning  dengan Whatsapp dapat meningkatkan pembelajaran anak usia dini.
Pengaruh Program Parenting Berbasis E- Learning terhadap Literasi Orang Tua tentang Sugesti Positif pada Anak Mufarrohah -; Siti Fadjryana Fitroh; Dinda Rizki Tiara
PG-PAUD Trunojoyo Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10100

Abstract

Literasi orang tua tentang pengasuhan sangat penting terutama tentang sugesti positif.  Orang tua perlu memberikan sugesti positif kepada anak sehingga dapat mengarahkan anak untuk senantiasa berprilaku dan mempunyai kebiasaan yang positif. Namun, yang terjadi dilapangan khususnya para orang tua di KB Muslimat NU Siti Khadijah Bangkalan masih menggunakan kata jangan atau kalimat larangan dan jarang memberikan pujian kepada anak, hal ini dikarenakan orang tua masih belum memiliki literasi yang baik tentang sugesti positif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh program parenting berbasis e-learning terhadap literasi orang tua tentang sugesti positif pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif eksperimen dengan desain pretest – treatment – posttest. Subjek penelitian ini merupakan orang tua di KB Muslimat NU Siti Khadijah Bangkalan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan karena data berdistribusi normal. Hasil yang diperoleh adalah nilai probabilitas 0,000. Sehingga nilai sig 0,025 maka Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara program parenting berbasis e-learning terhadap literasi orang tua tentang sugesti positif di KB Muslimat NU Siti Khadijah Bangkalan, serta adanya pembaharuan mengenai program parenting berbasis e-learning yakni dari sisi materinya yang berbeda dimana di penelitian ini tentanng sugesti positif pada anak.  

Page 1 of 1 | Total Record : 8